PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH DUA PUTARAN (DOUBLE LOOP SOLVING ) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SOSIOLOGI SISWA DI MAN 1 SUMBAWA BESAR

NESTI DATUL, USNALILLAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH DUA PUTARAN (DOUBLE LOOP SOLVING ) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SOSIOLOGI SISWA DI MAN 1 SUMBAWA BESAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Nesti Datul Usnalillah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
jurnal nesti datul usnalillah.pdf

Download (471kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh model pembelajaran pemecahan masalah dua putaran terhadap kemampuan berfikir kritis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS MAN 1 Sumbawa Besar, yang diambil secara random setelah penyepadanan kelas. Penelitian ini menggunakan jenis quasi eksperimen dengan pretest posttest control group design. Pengumpulan data menggunakan tes berbentuk pilihan ganda yang sudah terpenuhi syarat pengujian instrumen. Data penelitian dianalisis secara kuantitatif, berupa analisis komparatif. Berdasarkan uji komparatif menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran pemecahan masalah dua putaran kepada keterampilan berfikir kritis siswa. Hasil uji gain score juga menunjukkan kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Implikasi secara teoritis bahwa penggunaan model ini menjadi suplemen penguatan teori pembelajran, khususnya yang berbasis kognitifisme dan konstruktifisme.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): berfikir kritis sosiologi, pemecahan masalah dua putaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:56
Last Modified: 31 Aug 2023 04:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42431

Actions (login required)

View Item View Item