IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMPN 7 MATARAM

BAIQ ALMIANUN, NISHA ADH (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMPN 7 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi almi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL BASTRINDO.BQ ALMIANUNNISHA.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMPN 7 Mataram pada perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, media pembeajaran, evaluasi pembelajaran dan lkpd dalam kurikulum Merdeka Belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam 1) Perencanaan pembelajaran, di SMPN 7 Mataram guru sudah mempersiapkan modul ajar dengan baik agar pembelajaran bisa lebih terarah. Sehingga segala aspek yang diperlukan dalam perencanaan pembelajaran dpat dilihat langsung di modul ajar. 2) Implementasi kurikulum Merdeka Belajar dalam pelaksanaan pembelajaran, guru sudahberjalan dengan baik terbukti bahwa, pendidik selalu menerapkan pembelajaran sesuai dengan modul ajar yang telah dibuat. 3) Implementasi kurikulum Merdeka Belajar dalam media pembelajaran, guru sudah menggunakan IT sebagai modal dasar memperkaya pengetahuan melalui browsing dan pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran sehingga terwujud proses pembelajaran yang efektif, kreatif, dan menyenangkan. 4) Implementasi kurikulum Merdeka Belajar pada evaluasi pembelajaran, SMPN 7 Mataram menggunakan system penialain sumatif dan formatif. 5) Implementasi kurikulum Merdeka Belajar pada lkpd, SMPN 7 Mataram guru sudah membiasakn diri membuat lkpd/lks.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:56
Last Modified: 31 Aug 2023 04:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42444

Actions (login required)

View Item View Item