STRATEGI GURU PENGGERAK DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMPN 1 GUNUNG SARI

AFNAN, NIZAN (2023) STRATEGI GURU PENGGERAK DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMPN 1 GUNUNG SARI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AFNAN NIZAN (E1B019004) BURNING CD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Afnan Nizan JIIP.pdf

Download (394kB) | Preview

Abstract

Strategi guru penggerak merupakan ikhtiar meningkatkan mutu pembelajarandi SMPN 1 Gunung Sari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru penggerak dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMPN 1 Gunung Sari dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi guru penggerak dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMPN 1 Gunung Sari. Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian study kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik miles and hubermen yaitu: reduksi data, penyajian data dan menyimpulkan data. Teknik kebasahan data menggunakan tringgulasi waktu, sumber, dan teknik. Berdasarkan data yang didapatkan indikator staretgi guru penggerak dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMPN 1 Gunung Sari yaitu: 1) Perencanaan Pembelajaran dengan melakukan sosialisasi mandiri kurikulum merdeka, pemetaan gaya belajar peserta didik, mengembangkan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran, memilih metode pembelajaran yang berdampak dan berpusat pada peserta didik, menentukan media dan sumber belajar; 2) Pelaksanaan Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berdierensiasi; 3) Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran dengan melakukan penilaian langsung dari proses, produk, dan konten serta refleksi pembelajaran; 4) meningkatkan kompetensi peserta didik dengan mengembangkan kompetensi berfikir kritis, mengembangkan kompetensi peserta didik secara holistik dan menciptakan budaya postif peserta didik; 5) Meningkatkan kompetensi teman sejawat dengan melakukan pelatihan dan bimbingan teman sejawat. Faktor pendukung internal strategi guru penggerak yaitu: 1).Kompetensi guru penggerak; 2).Kesadaran guru penggerak; 3). Motivasi guru penggerak. Adapun faktor pendukung eksternal strategi guru penggerak dalam meningkatkan mutu pembelajaran yaitu: 1) Dukungan pihak sekolah; 2) Dukungan teman sejawat; 3) teknologi informasi dan komunikasi; 4) Prasarana sekolah; 5) Mitra guru penggerak. Faktor penghambat internal starategi guru penggerak yaitu: 1). Kondisi energy dan management waktu yang kurang baik dari guru penggerak. Adapun faktor eksternal strategi guru penggerak yaitu; 1) Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi; 2) Kurikulum; 3) Kecemburuan sosial

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Guru Penggerak, Mutu Pembelajaran, Strategi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:57
Last Modified: 31 Aug 2023 04:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42457

Actions (login required)

View Item View Item