PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 45 MATARAM

MAULY RIZKI, ANDINIATI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 45 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSII LENGKAAP MAULY RIZKI ANDINIATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img]
Preview
Text
BUKU JURNAL MAULY RIZKI ANDINIATI CD_E1E019205 LENGKAP.pdf

Download (957kB) | Preview

Abstract

Peran guru sebagai pendidik dituntut untuk dapat menciptakan pembelajaran yang kreatif serta mampu mengembangkan potensi peserta didik dan menambah wawasan keterampilan peserta didik. IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang berkaitan langsung dengan kehidupan nyata peserta didik. Peserta didik membutuhkan model pembelajaran yang mampu menyusun penggunaan metode pembelajaran kedalam bentuk pembelajaran yang menarik. Salah satu model yang mampu membuat peserta didik lebih aktif adalah model Problem Based Learning (PBL). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 45 Mataram. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SDN 45 Mataram sebanyak 68 orang yang terdiri dari kelas IVA dan IVB. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel independen (X) yaitu Model Pembelajaran Problem Based Learning dan variabel dependen (Y) yaitu hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Tes. Berdasarkan hasil analisis dihasilkan diperoleh nilai hasil thitung > ttabel, yaitu thitung12,024 > ttabel1.99856 yang artinya bahwa Ho ditolak dan Ha xv diterima. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 45 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): IPA, Model PBL, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Aug 2023 07:42
Last Modified: 31 Aug 2023 07:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42475

Actions (login required)

View Item View Item