PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK MATERI BANGUN RUANG PADA MUATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 45 MATARAM

NI PUTU WIKA YUNANDA, PRADIANI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK MATERI BANGUN RUANG PADA MUATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 45 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_NI PUTU WIKA YUNANDA PRADIANI (E1E019225).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
BUKU JURNAL. NI PUTU WIKA YUNANDA PRADIANI (E1E019225).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan media Pop-Up Book matematika materi bangun ruang di kelas V SDN 45 Mataram yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis/Analisis, Design/Desain, Development/Pengembangan, Implementation/Implementasi, dan Evaluation/Evaluasi). Tempat dilakukan penelitian di SDN 45 Mataram. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 45 Mataram sebanyak 29 peserta didik. Sedangkan, objek penelitian ini adalah media pembelajaran Pop-Up Book matematika materi bangun ruang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa pedoman wawancara untuk mengetahui data awal, lembar angket ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kevalidan media Pop-Up Book, angket respon peserta didik untuk mengetahui kepraktisan media Pop-Up Book, tes untuk mengukur tingkat keberhasilan belajar peserta didik dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan skor penilaian 1-5 meliputi analisis data kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran Pop-Up Book matematika materi bangun ruang yang telah dikembangkan memperoleh persentase 90,66% dengan kriteria “sangat valid” dari dosen ahli materi, dari guru ahli materi memperoleh persentase 100% dengan kriterian “sangat valid”, dari ahli media memperoleh persentase 90,66% dengan kriteria “sangat valid”, respon peserta didik dalam uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 94,4% dengan kriteria “sangat praktis”, respon peserta didik dalam uji coba lapangan memperoleh persentase 97,1% dengan kriteria “sangat praktis” dan persentase 93,10% dengan kriteria “sangat efektif” dari hasil belajar peserta didik yang dihitung dengan ketuntasan belajar klaksikal. Hasil belajar peserta didik diperoleh dengan menggunakan N-gain yaitu dengan membandingkan nilai pretest dan posttest. Oleh karena itu, dapat disimpulkan berdasarkan hasil penelitian bahwa media pembelajaran Pop-Up Book matematika materi bangun ruang sudah sangat layak dari aspek valid, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas V SDN 45 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Pop-Up Book, Bangun Ruang, Matematika SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Aug 2023 07:42
Last Modified: 31 Aug 2023 07:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42477

Actions (login required)

View Item View Item