NI PUTU WIKA YUNANDA, PRADIANI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK MATERI BANGUN RUANG PADA MUATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 45 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI_NI PUTU WIKA YUNANDA PRADIANI (E1E019225).pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
||
|
Text
BUKU JURNAL. NI PUTU WIKA YUNANDA PRADIANI (E1E019225).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan media Pop-Up Book matematika materi bangun ruang di kelas V SDN 45 Mataram yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis/Analisis, Design/Desain, Development/Pengembangan, Implementation/Implementasi, dan Evaluation/Evaluasi). Tempat dilakukan penelitian di SDN 45 Mataram. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 45 Mataram sebanyak 29 peserta didik. Sedangkan, objek penelitian ini adalah media pembelajaran Pop-Up Book matematika materi bangun ruang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa pedoman wawancara untuk mengetahui data awal, lembar angket ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kevalidan media Pop-Up Book, angket respon peserta didik untuk mengetahui kepraktisan media Pop-Up Book, tes untuk mengukur tingkat keberhasilan belajar peserta didik dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan skor penilaian 1-5 meliputi analisis data kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran Pop-Up Book matematika materi bangun ruang yang telah dikembangkan memperoleh persentase 90,66% dengan kriteria “sangat valid” dari dosen ahli materi, dari guru ahli materi memperoleh persentase 100% dengan kriterian “sangat valid”, dari ahli media memperoleh persentase 90,66% dengan kriteria “sangat valid”, respon peserta didik dalam uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 94,4% dengan kriteria “sangat praktis”, respon peserta didik dalam uji coba lapangan memperoleh persentase 97,1% dengan kriteria “sangat praktis” dan persentase 93,10% dengan kriteria “sangat efektif” dari hasil belajar peserta didik yang dihitung dengan ketuntasan belajar klaksikal. Hasil belajar peserta didik diperoleh dengan menggunakan N-gain yaitu dengan membandingkan nilai pretest dan posttest. Oleh karena itu, dapat disimpulkan berdasarkan hasil penelitian bahwa media pembelajaran Pop-Up Book matematika materi bangun ruang sudah sangat layak dari aspek valid, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas V SDN 45 Mataram.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Media Pop-Up Book, Bangun Ruang, Matematika SD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 31 Aug 2023 07:42 |
Last Modified: | 31 Aug 2023 07:42 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42477 |
Actions (login required)
View Item |