ANALISIS MUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU TEMATIK KELAS 4 TEMA 4 TERBITAN TIGA SERANGKAI

MARIATUN, IBTIAH (2023) ANALISIS MUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU TEMATIK KELAS 4 TEMA 4 TERBITAN TIGA SERANGKAI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI (MARIATUN IBTIAH E1E019202).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BUKU JURNAL (MARIATUN IBTIAH E1E019202).pdf

Download (951kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter dipandang sebagai solusi atas tidak adanya disiplin siswa di sekolah, pendidikan karakter digunakan sebagai alat untuk menggambarkan siswa. Melalui kegiatan ini, siswa dilatih untuk bertindak sesuai norma dan aturan yang sesuai. Terlebih lagi, mereka dibiasakan dengan melaksanakan nilai-nilai yang ada seperti gotong-royong, kesopanan, saling menghormati, dll. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui muatan nilai pendidikan karakter yang terdapat pada buku tematik terbitan tiga serangkai tema 4 mengenal berbagai jenis pekerjaan, kelas 4 SD dan MI terbitan tahun 2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian analisis isi dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Setelah data terkumpul, selanjutnya dipilih untuk dilakukan analisis data. Adapun yang dianalisis adalah nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam buku siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan lima nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada buku tematik terbitan tiga serangkai kelas 4 tema 4: mengenal berbagai jenis pekerjaan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis, Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Buku Tematik Terbitan Tiga Serangkai Kelas 4 Tema 4: Menganal Berbagai Jenis Pekerjaan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Aug 2023 08:10
Last Modified: 31 Aug 2023 08:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42478

Actions (login required)

View Item View Item