PERAN NILAI INTRINSIC RELIGIOSITY, HALAL ATTRACTIONS, DAN MEMORABLE TOURISM EXPERIENCES DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN PADA DESTINASI WISATA HALAL LOMBOK

Muaidy, Yasin (2019) PERAN NILAI INTRINSIC RELIGIOSITY, HALAL ATTRACTIONS, DAN MEMORABLE TOURISM EXPERIENCES DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN PADA DESTINASI WISATA HALAL LOMBOK. Project Report. LPPM Universitas Mataram. (In Press)

[img]
Preview
Text
Kontrak dan Laporan PCGB Muaidy Yasin tahun 2019.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: https://drive.google.com/drive/u/0/folders/1t8h2vU...

Abstract

Lombok merupakan destinasi wisata yang termasuk dalam jajaran tempat wisata terkenal di Indonesia yang wajib dikunjungi. Pariwisata di Indonesia saat ini mulai berkembang pesat dan menjadi suatu industri di bidang jasa yang terus berusaha untuk menarik dan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi wisatawan. Sektor pariwisata berperan besar dalam pembangunan yaitu selain menciptakan lapangan kerja dan menambah devisa negara, juga dapat memperkenalkan kekayaan seni budaya dan keindahan alam Indonesia kepada wisatawan di seluruh dunia. Halal tourism saat ini sangat gencar dipromosikan sebagai salah satu pengembangan branding wonderful of Indonesia dan sangat berpotensi untuk berkontribusi dalam pencapaian target sebanyak 20 juta wisatawan pada tahun 2019. Perkembangan pariwisata di NTB pun tergolong pesat dalam tiga tahun terakhir dengan pertumbuhan wisatawan yang tumbuh di atas 20 persen. Tujuan pelaksanaan penelitian PNBP ini adalah untuk melakukan investigasi dan membangun model pengaruh halal tourism branding dalam meningkatkan keputusan berkunjung wisatawan, serta peran intrinsic religiosity values, halal attractions, dan memorable tourism experiences dalam meningkatkan kunjungan berwisata halal. Urgensi (keutamaan) pelaksanaan penelitian PNBP ini adalah kebutuhan yang mendesak terhadap model strategi halal tourism branding dalam meningkatkan keputusan berkunjung wisatawan. Alasan mendasar mengapa Indonesia harus memacu sektor halal tourism adalah fakta bahwa saat ini populasi muslim dunia bertambah secara cepat dan diperkirakan akan meliputi lebih dari seperempat dari total populasi dunia pada tahun 2030 sehingga merupakan potensi pasar yang sangat besar untuk industri pariwisata yang berkelanjutan. Sektor pariwisata merupakan penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia dan devisa yang besar serta menciptakan lapangan kerja yang mudah dan murah. Kontribusi devisa pariwisata terhadap penerimaan devisa nasional tahun 2015 sebesar US$ 12,6 miliar atau 9,3% secara nasional dan menempati ranking keempat setelah sektor minyak bumi dan gas sebesar US$ 18,9 miliar, disusul batu bara sebesar US$ 16,4 miliar, dan kelapa sawit sebesar US$ 15,5 miliar. Dari keseluruhan sektor penyumbang devisa negara, hanya sektor pariwisata yang mengalami pertumbuhan positif sebesar 4,8% sampai dengan 6,9%. Kegiatan penelitian ini direncanakan dilakukan dalam waktu 6 bulan yang terbagi dalam beberapa tahapan, yaitu (1) Tahap 1, terdiri dari kegiatan pengumpulan data sekunder dan data primer, (2) Tahap 2, yang terdiri dari uji coba model pengembangan strategi halal tourism branding dalam meningkatkan keputusan berkunjung wisatawan, serta peran intrinsic religiosity values, halal attractions, dan memorable tourism experiences. (3) Tahap 3, melakukan kegiatan workout dan analisis model strategi pengembangan halal tourism untuk meningkatkan kunjungan wisata halal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords (Kata Kunci): halal tourism, sustainability tourism, community-based tourism, intrinsic religiosity values, keputusan berkunjung
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Dr. Muaidy Yasin MS
Date Deposited: 02 Sep 2023 04:57
Last Modified: 02 Sep 2023 04:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42513

Actions (login required)

View Item View Item