Peran Perbankan Syariah Pada Pengembangan Pariwisata Halal Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Muaidy, Yasin (2020) Peran Perbankan Syariah Pada Pengembangan Pariwisata Halal Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Daerah. Project Report. LPPM Universitas Mataram. (In Press)

[img]
Preview
Text
Kontrak dan Laporan PCGB Muaidy Yasin tahun 2020_compressed.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://drive.google.com/drive/u/0/folders/1e1B5Ud...

Abstract

Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan provinsi yang memiliki potensi pariwisata dengan kearifan lokal dan sumber daya alam yang melimpah, sehingga NTB menjadi salah satu destinasi pariwisata halal Indonesia. Pengembangan pariwisata halal menjadi peluang bagi bank syariah untuk berkontribusi mendukung pengembangan pariwisata halal tersebut. Beberapa faktor penting yang mendorong pertumbuhan industri perbankan syariah adalah konversi yang dilakukan beberapa Bank Pembangunan Daerah, implementasi peraturan daerah syariah, dan peningkatan tren industri halal. Bank syariah memiliki berbagai macam layanan dan berbagai macam produk yang sudah ada. Dalam upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia, melalui Bank Syariah maka Bank Syariah harus lebih meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan produk bank syariah. Tujuan pelaksanaan penelitian PNBP ini adalah untuk melakukan investigasi dan membangun model pengaruh product knowledge, kualitas produk, dan tingkat intrinsic religiositas melalui corporate image dalam meningkatkan minat menggunakan produk perbankan syariah dalam berwisata halal. Urgensi (keutamaan) pelaksanaan penelitian PNBP ini adalah kebutuhan yang mendesak terhadap model strategi product knowledge dalam meningkatkan minat menggunakan produk perbankan syariah. Alasan mendasar mengapa Indonesia harus memacu ekosistem industri halal yaitu halal tourism kini mulai menjadi trend baru di kalangan para traveler muslim di banyak daerah. Ini adalah potensi dan ladang bisnis baru yang menjanjikan untuk dunia perbankan, termasuk perbankan syariah di tanah air sepertinya perlu memperhatikan pertumbuhan bisnis di sektor wisata ini. Peran perbankan syariah dalam pengembangan wisata halal sangat penting dan keduanya saling membutuhkan. Tidak dapat dipungkiri bahwa untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan pertumbuhan pasar keuangan syariah maka harus didukung dengan bisnis syariah yang salah satunya melalui wisata halal. Bank syariah diharapkan mampu menjadi lokomotif industri keuangan dalam prinsip Islam. karenanya dituntut mampu memberikan penawaran produk-produk khusus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di sektor wisata halal. Kegiatan penelitian ini direncanakan dilakukan dalam waktu 8 bulan yang terbagi dalam beberapa tahapan, yaitu (1) Tahap 1, terdiri dari kegiatan pengumpulan data sekunder dan data primer, (2) Tahap 2, yang terdiri dari uji coba model pengembangan strategi product knowledge, kualitas produk, dan tingkat religiositas melalui corporate image dalam meningkatkan minat menggunakan produk perbankan syariah. (3) Tahap 3, melakukan kegiatan workout dan analisis model strategi pengembangan ekosistem industry halal di provinsi NTB melalui perbankan syariah dan halal tourism untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi provinsi NTB.

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords (Kata Kunci): bank syariah, halal tourism, product knoeledge, kualitas produk, religiosity values, minat menggunakan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Dr. Muaidy Yasin MS
Date Deposited: 02 Sep 2023 04:57
Last Modified: 02 Sep 2023 04:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42514

Actions (login required)

View Item View Item