LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN PERTUMBUHAN EKONOMI REGIONAL NTB

Muaidy, Yasin (2021) LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN PERTUMBUHAN EKONOMI REGIONAL NTB. Project Report. LPPM Universitas Mataram. (In Press)

[img]
Preview
Text
Kontrak dan Laporan PCGB Muaidy Yasin tahun 2021_compressed.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://drive.google.com/drive/u/0/folders/1tx3twy...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan investigasi dan membangun model pengaruh product awareness, sharia financial literacy, dan tingkat religiositas melalui corporate reputation dalam meningkatkan minat menggunakan produk perbankan syariah pada UMKM pariwisata halal. Alasan mendasar mengapa Indonesia harus memacu ekosistem industri halal yaitu halal tourism kini mulai menjadi trend baru di kalangan para traveler muslim di banyak daerah. Ini adalah potensi dan ladang bisnis baru yang menjanjikan untuk dunia perbankan, termasuk perbankan syariah di tanah air sepertinya perlu memperhatikan pertumbuhan bisnis di sektor wisata ini. Peran perbankan syariah dalam pengembangan wisata halal sangat penting dan keduanya saling membutuhkan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei melalui kuesioner terstruktur dengan skala likert. Kuesioner dikumpulkan dari 200 responden UMKM industri halal, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan model persamaan struktural (SEM) dengan bantuan software Amos 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa islamic financial literacy berpengaruh signifikan pada peningkatan bank reputation, dan bank reputation juga dapat meningkatkan nilai religiositas dan product awareness perbankan syariah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords (Kata Kunci): bank syariah, halal tourism, product awareness, sharia financial literacy, religiosity, minat menggunakan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Dr. Muaidy Yasin MS
Date Deposited: 02 Sep 2023 04:57
Last Modified: 02 Sep 2023 04:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42515

Actions (login required)

View Item View Item