ANGGRIKA, PURNAMASARI (2023) ANALISIS PERILAKU VERBAL BULLYING PADA SISWA KELS V DI SDN 2 LEPAK KECAMATAN SAKRA TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI Anggrika Purnamasari NIM E1E019029.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
JURNAL Anggrika Purnamasari NIM E1E019029.pdf Download (260kB) | Preview |
Abstract
Verbal bullying merupakan sutu tindakan kekerasan yang dilakukan melalui katakata atau ucapan yang membuat orang lain merasa tersakiti. Hasil observasi awal di SDN 2 Lepak ditemukan bbeberapa bentuk verbal bullying diantaraya mengejek, memberi nama julukan, membentak, mengancam, dan mempermalukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku verbal bullying pada siswa kelas V. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 orang, yang terdiri dari 2 orang pelaku dan 4 orang korban. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik analisis penelitian menggunakan model intraktif Mlies, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bentuk verbal bullying yang ditemukan diantaranya seperti, mengejek (nama orang tua, kakek/nenek, ciri fisik yang tidak sesuai dengan yang seharusnya), memberi nama julukan (memanggil dengan nama orangtua, ciri fisik, kondisi/keadaan, nama orang tua, dan perilaku seseorang),membentak (sering berkata kasar, menyebut dengan sebutan hewan serta dengan ekspresi yang marah). mengancam (meminta jawaban, marah apabila tidak dituruti) , mempermalukan (mengata-ngatai teman dengan hal-hal yang dianggap memalukan, mulai dari mengata-ngatai orang tua, bahkan kejadian yang telah lalu).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Perilaku, Verbal Bullying, Siswa SD. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 03:47 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 03:47 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42556 |
Actions (login required)
View Item |