PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL BAKIAK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA PERWANIDA II MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023

SRI LATIFA, ZAHRAWI (2023) PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL BAKIAK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA PERWANIDA II MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL SRI LATIFA.pdf

Download (627kB) | Preview

Abstract

Dalam upaya mengembangkan kecerdasan kinestetik anak, permainan memiliki peranan penting di dalam Pendidikan Anak Usia Dini, salah satu permainan yang dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak yaitu permainan tradisional bakiak. Di RA Perwanida II Mataram, kurang diperagakan permainan tradisional bakiak, permainan yang sering dilakukan yaitu permainan modern seperti jungkat-jungkit, ayunan dan lainnya. Untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak, guru dapat menggunakan permainan tradisional lainnya. Permainan tradisional bakiak dapat dimanfaatkan sebagai alternatif sarana permainan anak yang beragam. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan tradisional bakiak untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development, subjek dalam penelitian ini peserta didik kelas B1 RA Perwanida II Mataram, dengan instrumen pengumpulan data berupa observasi, angket, dan dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti. Jenis data yang dihasilkan adalah kualitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian untuk menentukan kualitas permainan tradisional bakiak yang dikembangkan. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa permainan tradisional bakiak untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak. Desain produk alat permainan tradisional bakiak ini dibuat dengan menggunakan kayu. Selanjutnya, pengait kaki menggunakan ban bagian dalam, sehingga memberikan rasa nyaman di kaki dan tidak menimbulkan rasa sakit pada kaki. Selain itu, diberikan sentuhan warna dari pilox pada pengait kaki, sehingga dapat menarik minat anak untuk memainkannya dan lintasan yang berbentuk zig zag. Berdasarkan penilaian validator yang terdiri dari Dosen Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Guru RA Perwanida II Mataram, mendapatkan presentase kelayakan sebesar 90% dan 92% sehingga penilaian yang dicapai validator mendapatkan kategori “Sangat Layak”. Uji coba pertama hasil kegiatan pengembangan permainan tardisional bakiak untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun masuk dalam kategori berkembang sesuai harapan yaitu dengan presentase nilai 69,79%. Uji coba kedua hasil kegiatan pengembangan permainan tardisional bakiak untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun masuk dalam kategori berkembang sangat baik yaitu dengan presentase nilai 88,54%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Permainan Tradisional, Permainan Bakiak, Kecerdasan Kinestetik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Sep 2023 06:50
Last Modified: 04 Sep 2023 06:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42582

Actions (login required)

View Item View Item