ANALISIS KEMAMPUAN KERJASAMA DALAM METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN 37 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2022/2023

ST. HUR’IEN, ASSYIFA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN KERJASAMA DALAM METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN 37 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ST. HUR'IEN ASSYIFA_E1E018135.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL ST. HUR'IEN ASSYIFA_E1E018135.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan, kendala dan solusi kerjasama dalam metode diskusi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Mataram SDN 37 Cakranegara. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskripsi sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh melalui wawancara guru dan siswa memuat lima indikator kemampuan kerjasama siswa dalam metode diskusi, meliputi; interaksi sosial (kelompok), tanggung jawab, saling membantu, berpikir kritis, dan pemecahan masalah. Adapun kendala yang di temukan selama diskusi kelompok yaitu sebagian kecil siswa masih belum berperan aktif dalam menyelesaikan tugas kelompok seperti pada kegiatan saling membantu. Solusi yang dapat ditawarkan yaitu membangun kekompakan berdiskusi dengan anggota lain dan bersungguhsungguh menjalankan tugas. Berdasarkan hasil analisis aspek tersebut, dapat disimpulkan bahwa ketercapaian dari kemampuan kerjasama dalam metode diskusi sebagian besar efektif terlaksana, dengan catatan masih ada yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan kerjasama, Metode diskusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Sep 2023 08:04
Last Modified: 04 Sep 2023 08:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42589

Actions (login required)

View Item View Item