ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SDN 22 MATARAM

DEVA JANUARTIKA, DASILVA (2023) ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SDN 22 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
DEVA JANUARTIKA DASILVA_E1E019081_CD SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V di SDN 22 Mataram dan juga penanaman nilai karakter oleh guru pada peserta didik kelas V di SDN 22 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini peserta didik kelas V di SDN 22 Mataram. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Miles dan Huberman analisis yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. data yang diperoleh dari hasil penelitian terdapat 5 nilai karakter yang muncul pada diri peserta didik kelas VB pada proses pembelajaran yaitu nilai karakter religius, kerja sama, disiplin, jujur, dan tanggung jawab. Ketika berada di sekolah nilai karakter tersebut ditanamkan oleh guru. Adapaun cara menanamkan nilai karakter dilakukan guru dengan caracara membiasakan peserta didik untuk mengucap salam dan berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran dilaksanakan, mengarahkan peserta didik untuk membangun hubungan kerja sama dengan peserta didik lainnya melalaui kerja kelompok, selanjutnya mengingatkan peserta didik mengenai aturan-aturan yang harus dilakukan ketika berada di lingkungan sekolahh, kemudian dalam mengerjakan tugas guru menanamkan nilai kejujuran dengan memberi tahu peserta didik untuk selalu jujur dalam menyelesaikan tugas dan juga ketika melakukan kesalahan, dan yang terakhir guru mengajarkan peserta didik untuk selalu bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuat

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai karakter, peserta didik, pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Sep 2023 08:04
Last Modified: 04 Sep 2023 08:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42593

Actions (login required)

View Item View Item