PENGARUH VARIASI JARAK UJUNG TERHADAP KUAT TARIK SAMBUNGAN BAMBU YANG DIPERKUAT KLEM PLASTIK SERAT DENGAN ALAT SAMBUNG BAUT The Influence of End Distance Variation on the Tensile Strength of Bamboo Joints Reinforced with Plastic Fiber Clamps Using Bolted Connection Tool

Ida Made Dwi, Payana (2023) PENGARUH VARIASI JARAK UJUNG TERHADAP KUAT TARIK SAMBUNGAN BAMBU YANG DIPERKUAT KLEM PLASTIK SERAT DENGAN ALAT SAMBUNG BAUT The Influence of End Distance Variation on the Tensile Strength of Bamboo Joints Reinforced with Plastic Fiber Clamps Using Bolted Connection Tool. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_IDA MADE DWI PAYANA_F1A019069.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)
[img]
Preview
Text
Artikel_IDA MADE DWI PAYANA_F1A019069.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kuat geser dari sambungan bambu adalah yang paling rendah dari yang lainnya seperti kuat tekan dan kuat tarik. Ketika baut digunakan sebagai alat sambung pada sambungan bambu, kuat geser biasanya digunakan sebagai kriteria penting dalam menentukan kekuatan sambungan. Cara yang bisa digunakan antaranya seperti penggunaan klem plastik serat serta mengatur jarak ujung sambungan. Kegagalan geser bisa terjadi jika baut dipasang terlalu dekat dengan ujung bambu. Untuk itu dipelukan kajian lebih lanjut untuk mengetahui jarak ujung yang optimal.Sambungan terdiri dari beberapa bahan seperti bambu galah, klem plastik serat, papan buhul dari kayu keruing dan alat sambung baut. Variasi benda uji yang digunakan berjumlah 5 variasi yaitu dengan jarak ujung 6D, 6.5D, 7D, 7.5D dan 8D dengan D adalah diameter baut. Benda uji sambungan di uji menggunakan loading frame dan diberi beban secara bertahap menggunakan hydraulic jack sampai terjadi kegagalan. Dari pengujian didapatkan hasil kuat tarik dari masing masing benda uji dengan jarak ujung 6D, 6.5D, 7D, 7.5D dan 8D yang semakin meningkat dengan nilai berturut-turut sebesar 9.19%, 28.41%, 38.07% dan 40.77%. Kuat tarik pada sambungan mengalami peningkatan seiring bertambah besarnya jarak ujung yang diberikan dengan pola kegagalan yang terjadi berupa geser dan pecah pada bambu serta baut yang bengkok.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): bambu galah, jarak ujung, kegagalan sambungan, klem, kuat tarik.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:08
Last Modified: 05 Sep 2023 07:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42607

Actions (login required)

View Item View Item