UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI PEMUDA MELALUI KEGIATAN SOSIAL REMAJA MASJID Al IKHLAS DI LINGKUNGAN KARANG TALIWANG KOTA MATARAM

ELSA, SALSABILA (2023) UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI PEMUDA MELALUI KEGIATAN SOSIAL REMAJA MASJID Al IKHLAS DI LINGKUNGAN KARANG TALIWANG KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ELSA E1B019044.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ELSA SALSABILA (1).pdf

Download (743kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan partisipasi pemuda melalui kegiatan sosial remaja masjid Al Ihlas di Lingkungan Karang Taliwang Kota Mataram. Peneitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat upaya peningkatan partisipasi pemuda melalui kegiatan sosial remaja masjid Al Ikhlas di Lingkungan Karang Taliwang Kota Mataram memiliki dua tahapan kegiatan yakni pra kegiatan dan kegiatan perkusi ( persik kubir dan diskusi ). Masing masing tahapan memiliki beberapa kegiatan. Selain itu, terdapat faktor pendorong dan faktor penghambat dalam upaya peningkatan partisipasi pemuda melalui kegiatan sosial remaja masjid Al Ikhlas di Lingkungan Karang Taliwang. Tahapan pra kegiaan terdiri dari sebar pamplet dan meminta sumbangan kepada masyarakat, sedangkan dalam kegiatan perkusi ( persik kubir dan diskusi ) yakni penggunaan donasi, kegiatan bersih-bersih dan diskusi. Faktor pendorong terdiri dari kekompakan panitia, partisipasi pemuda dan partisipasi masyarakat, sedangkan faktor penghambat yaitu sarana dan prasarana dan minimnya anggaran dana.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): partisipasi pemuda, kegiatan sosial, remaja masjid Al Ikhlas
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:08
Last Modified: 05 Sep 2023 07:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42608

Actions (login required)

View Item View Item