ANALISIS KECEMASAN DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 GERUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Ni Made Sulian, tiani (2023) ANALISIS KECEMASAN DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 GERUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Ni Made Suliantiani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
1524-File Utama Naskah-7549-1-10-20230807.pdf

Download (372kB) | Preview

Abstract

Matematika sebagai pendidikan yang fundamental dari berbagai cabang dari ilmu pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecemasan dan disposisi matematis terhadap hasil belajar ditinjau dari gaya belajar matematika siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Gerung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester genap tahun pelajaran 2022/2023 dengan subjek penelitian berjumlah 62 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi untuk mendokumentasikan setiap proses penelitian, angket untuk mengidentifikasi kecemasan matematis, disposisi matematis, serta gaya belajar dan tes tertulis untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan materi turunan fungsi aljabar. Untuk uji validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas konstruk dengan menggunakan pendapat para ahli. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan 3 tahap yaitu uji asumsi klasikal, statistik deskriptif, dan statistik inferensial. Hasil penelitian kecemasan dan disposisi matematis terhadap hasil belajar ditinjau dari gaya belajar matematika siswa diperoleh 16,6% kontribusi kecemasan dan disposisi matematis terhadap hasil belajar ditinjau dari gaya belajar visual, 15,5% kontribusi kecemasan dan disposisi matematis terhadap hasil belajar ditinjau dari gaya belajar auditorial, dan 18,6% kontribusi kecemasan dan disposisi matematis terhadap hasil belajar ditinjau dari gaya belajar kinestetik untuk kelas XI di SMA Negeri 2 Gerung

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Disposisi Matematis, Gaya Belajar,Hasil Belajar, Kecemasan Matematis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:08
Last Modified: 05 Sep 2023 07:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42611

Actions (login required)

View Item View Item