PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI CERITA BUDAYA LOKAL PADA SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR

RISMA, YANTI (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI CERITA BUDAYA LOKAL PADA SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_RISMAYANTI_E1E018125_FKIP_PGSD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL RISMAYANTI_E1E018125_FKIP_PGSD.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MODUL STORYTELLING_RISMAYANTI_E1E018125_FKIP_PGSD.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengukur kelayakan modul pembelajaran berbasis storytelling untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik melalui cerita budaya lokal. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation dan evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di MI Haqqul Yaqin NW Sayang Sayang, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, NTB. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) modul pembelajaran berbasis storytelling dinyatakan layak untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik pada kelas IV sekolah dasar berdasarkan hasil penilaian ahli media dan ahli materi yang memperoleh masingmasing skor 44 dengan persentase 88 % dan 35 dengan persentase 87.5 % menempati kategori “sangat layak”. 2) modul pembelajaran berbasis storytelling mendapatkan respon positif dari peserta didik berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil terhadap 5 anak dengan perolehan persentase 84.5 % dengan kategori “sangat baik” dan hasil uji coba kelompok besar terhadap 13 anak dengan perolehan persentase 82.7 % dengan kategori “ sangat baik”.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Modul Pembelajaran, Storytelling, Cerita Budaya Lokal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:11
Last Modified: 05 Sep 2023 07:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42635

Actions (login required)

View Item View Item