PEMBELAJARAN GURU YANG MEMOTIVASI SISWA DI KELAS V SE-GUGUS I KECAMATAN GERUNG

AJENG KURNIA, ASTIZA (2023) PEMBELAJARAN GURU YANG MEMOTIVASI SISWA DI KELAS V SE-GUGUS I KECAMATAN GERUNG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FIX SKRIPSI AJENG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jcar 5 Nomor 3.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5098-Article Text-24634-1-10-20230831.pdf

Download (529kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang memotivasi adalah upaya/tindakan yang dilakukan guru dalam mengatur segala komponen belajar untuk menunjang agar siswa termotivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pembelajaran guru yang memotivasi berdasarkan indikator ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) se-gugus I kecamatan Gerung secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas V se-gugus I kecamatan Gerung dengan jumlah 293 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik presentase. Pernyataan pada angket merujuk pada indikator memotivasi ARCS oleh Keller pada empat elemen Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction. Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran yang memotivasi secara mayoritas beradapa pada kriteria memotivasi dengan presentase sebesar 55% siswa dari 293 responden, 43% dengan kriteria sangat memotivasi, dan 2% dengan kriteria cukup memotivasi. Berdasarkan presentase per-indikator secara keseluruhan diperoleh Attention (81%), Relevance (76%), Confidence (78%), and Satisfaction (79%).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): ARCS, Gugus 1 Kecamatan Gerung, Pembelajaran yang memotivasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Sep 2023 06:53
Last Modified: 06 Sep 2023 06:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42662

Actions (login required)

View Item View Item