AJENG KURNIA, ASTIZA (2023) PEMBELAJARAN GURU YANG MEMOTIVASI SISWA DI KELAS V SE-GUGUS I KECAMATAN GERUNG. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
FIX SKRIPSI AJENG.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
Jcar 5 Nomor 3.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
5098-Article Text-24634-1-10-20230831.pdf Download (529kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran yang memotivasi adalah upaya/tindakan yang dilakukan guru dalam mengatur segala komponen belajar untuk menunjang agar siswa termotivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pembelajaran guru yang memotivasi berdasarkan indikator ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) se-gugus I kecamatan Gerung secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas V se-gugus I kecamatan Gerung dengan jumlah 293 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik presentase. Pernyataan pada angket merujuk pada indikator memotivasi ARCS oleh Keller pada empat elemen Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction. Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran yang memotivasi secara mayoritas beradapa pada kriteria memotivasi dengan presentase sebesar 55% siswa dari 293 responden, 43% dengan kriteria sangat memotivasi, dan 2% dengan kriteria cukup memotivasi. Berdasarkan presentase per-indikator secara keseluruhan diperoleh Attention (81%), Relevance (76%), Confidence (78%), and Satisfaction (79%).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | ARCS, Gugus 1 Kecamatan Gerung, Pembelajaran yang memotivasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 06:53 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 06:53 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42662 |
Actions (login required)
View Item |