PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BEBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS X SMAN 1 JANAPRIA TAHUN AJARAN 2022/2023

RIKA, HARNITA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BEBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS X SMAN 1 JANAPRIA TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_RIKA HARNITA_E1A019084.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Other
ARTIKEL_RIKA HARNITA_E1A019084.PDF

Download (246kB) | Preview

Abstract

Interaksi dalam pendidikan terjadi antara pendidik dan peserta didik yang disebut dengan proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, pendidik memiliki peran yang sangat penting teutama dalam menyusun strategi dan konsep pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning berbantu macromedia flash terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Janapria. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dimana kelas X1 sebagai kelas kontrol dan X2 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan tes soal pilihan ganda yang kemudian di analisis dengan uji-t sampel independent dengan taraf signifikansi 5% menggunakan aplikasi SPSS 20. Hasil uji hipotesis yang dilakukan pada kelas kontrol dan eksperimen menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning berbantu macromedia flash berpengaruh secara signifikan tehadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X pada materi perubahan lingkungan di SMAN 1 Janapria tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar, Macromedia Flash, Problem Based Learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:28
Last Modified: 07 Sep 2023 04:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42670

Actions (login required)

View Item View Item