PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B DI PAUD KASIH BUNDA PUNIKAN TAHUN 2023

FIRA, SAHARA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B DI PAUD KASIH BUNDA PUNIKAN TAHUN 2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ FIRA SAHAR_E1F019033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
artikel_ FIRA SAHAR_E1F019033.pdf

Download (744kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi media yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di PAUD Kasih Bunda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media big book yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak dan untuk mengetahui penerapan media big book tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau research and development (R&D). Objek penelitian anak kelompok B sebanyak 7 anak. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan angket (kuesioner). Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media big book yang dihasilkan layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase 96,4% berdasarkan uji coba produk oleh dua orang ahli. kemampuan membaca permulaan anak meningkatkan pada setiap tahap perkembangannya dengan persentase pengembangan 1 sebesar 55,3% dan tahap pengembangan 2 sebesar 90,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media big book yang dihasilkan dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di PAUD Kasih Bunda Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Big Book, Kemampuan Membaca Permulaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:28
Last Modified: 07 Sep 2023 04:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42672

Actions (login required)

View Item View Item