PERSEPSI GURU KIMIA DAN SISWA KELAS XI MIPA SMAN 1 DAN SMAN 2 LABUAPI TERHADAP LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERMUATAN ETNOSAINS PADA MATERI POKOK KOLOID

LISA, ARIANA (2023) PERSEPSI GURU KIMIA DAN SISWA KELAS XI MIPA SMAN 1 DAN SMAN 2 LABUAPI TERHADAP LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERMUATAN ETNOSAINS PADA MATERI POKOK KOLOID. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Lisa Ariana (E1M019047).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_Lisa Ariana (E1M019047).pdf

Download (525kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru dan siswa kelas XI MIPA terhadap LKPD bermuatan etnosains pada materi pokok koloid. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah guru kimia dan siswa kelas XI MIPA di SMAN 1 dan SMAN 2 Labuapi tahun ajaran 2022/2023, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 4 guru kimia dan 91 siswa. Metode pengambilan sampel diperoleh menggunakan teknik sampling jenuh. Data persepsi guru yang ditinjau dari 4 aspek yaitu teknis, isi, konstruk dan etnosains sedangkan data persepsi siswa yang ditinjau dari 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Pengambilan data persepsi guru dan siswa terhadap LKPD bermuatan etnosains dikumpulkan menggunakan angket tertutup dengan skala likert. Teknik analisis statistik deskriptif yang digunakan melalui berupa persentase penjumlahan skor setiap item pernyataan. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi guru pada semua aspek berada pada kriteria sangat baik dengan rata-rata untuk aspek teknis,isi konstruk, etnosains 91 %, 83%, 87%, dan 86% sedangkan persepsi siswa semua faktor berada pada kriteria baik dengan rata-rata pada faktor internal 82%, 82%, 81% sedangkan faktor eksternal 83% dan 84%. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa LKPD bermuatan etnosains yang mengintegrasikan minyak jeleng pada materi pokok koloid layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Persepsi, LKPD, Etnosains.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Oct 2023 23:34
Last Modified: 25 Oct 2023 23:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42792

Actions (login required)

View Item View Item