DETI MUTI’AH, SYAHRIZA (2023) PENGARUHPENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN BERTONG. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI DETI MUTI'AH ACC 2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
JURNAL DETI MUTI'AH.pdf Download (496kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan RME terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar matematika siswa kelas IV SDN Bertong. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental design. pemgambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh atau sampling jenuh yang artinya mengambil sampel dari semua anggota populasi kelas IV SDN Bertong yaitu 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan kuesioner (angket), instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar soal tes dan lembar kuesioner (angket). Uji hipotesis menggunakan uji-t berpasangan (Paired Sample t-Test) pada data kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar matematika dengan hasil nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan hasil thitung dan ttabel pada data kemampuan pemecahan masalah diperoleh thitung sebesar 8,201 ≥ ttabel sebesar 2,04227 dan pada data motivasi belajar matematika diperoleh thitung sebesar 12,262 ≥ ttabel sebesar 2,04227 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji hipotesis menunjukkan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar matematika siswa kelas IV SDN Bertong.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Pendekatan RME, Kemampuan Pemecahan Masalah, Motivasi Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 23:34 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 23:34 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42803 |
Actions (login required)
View Item |