HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY QUOTIENT (AQ) DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TERARA TAHUN AJARAN 2022/2023

BAIQ ELISA, ARISTIA (2023) HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY QUOTIENT (AQ) DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TERARA TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI UNTUK PERPUS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_Baiq Elisa Aristia.pdf

Download (488kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Adversity Quotient (AQ) dan kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Terara tahun ajaran 2022/2023 baik secara parsial maupun simultan. penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian ex-post facto (kausal komparatif). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Terara Tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 278 orang. Adapun sampel yang digunakan sebanyak 31 orang yang ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket Adversity Quotient (AQ), tes kecerdasan logis matematis dan tes hasil belajar matematika berupa soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan Adversity Quotient (AQ) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Terara tahun ajaran 2022/2023 dengan konstribusi sebesar 28,6%; 2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Terara tahun ajaran 2022/2023 dengan konstribusi sebesar 35,4%; 3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara Adversity Quotient (AQ) dan kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Terara tahun ajaran 2022/2023 dengan konstribusi sebesar 42,2%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Adversity Quotient (AQ); Kecerdasan Logis Matematis; Hasil Belajar Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Oct 2023 23:35
Last Modified: 25 Oct 2023 23:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42813

Actions (login required)

View Item View Item