KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 NARMADA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Yupiatul, Azizah (2023) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 NARMADA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YUPIATUL AZIZAH_E1R019168.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL YUPIATUL AZIZAH_E1R019168.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah aritmatika sosial ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Narmada tahun pelajaran 2022/2023. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas VII-B SMP Negeri 4 Narmada. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar, soal tes kemampuan pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner, tes dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu Siswa dengan kategori motivasi belajar tinggi ada 13 orang, sedang 17 orang dan rendah tidak ada. Sedangkan siswa dengan kategori kemampuan pemecahan masalah tinggi ada 6 orang, sedang 19 orang dan rendah 5 orang. Dari 13 orang siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, terdapat 5 orang siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi, 7 orang siswa dengan kemampuan pemecahan masalah sedang, dan 1 orang siswa dengan kemampuan pemecahan masalah rendah. Sedangkan, dari 17 orang siswa yang memiliki motivasi belajar sedang, terdapat 12 orang siswa dengan kemampuan pemecahan masalah sedang, 1 orang siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi dan 4 orang siswa dengan kemampuan pemecahan masalah rendah

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Motivasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Aritmatika Sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Oct 2023 23:35
Last Modified: 25 Oct 2023 23:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42819

Actions (login required)

View Item View Item