PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOBOARD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 1 KERUAK

MUTIA, JAYESWARI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOBOARD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 1 KERUAK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
MUTIA JAYESWARI E1E019215_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img]
Preview
Text
MUTIA JAYESWARI_JURNAL.pdf

Download (754kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan media pembelajaran geoboard terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SDN 1 Keruak. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1 Keruak sebanyak 60 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian yaitu siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen sebanyak 31 dan siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol sebanyak 29 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes pemahaman konsep. Analisis data diawali dengan uji normalitas dan dilanjutkan dengan uji homogenitas, selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji-t dan uji lanjutan dengan uji effect size. Hasil analisis data menunjukkan nilai t t yaitu dan nilai Sig. 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD berbantuan media pembelajaran geoboard lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Selanjutnya dilakukan uji effect size yang didapatkan hasil 1,175 berada pada kisaran nilai strong effect yang berarti model pembelajaran cooperative learning tipe STAD berbantuan media pembelajaran geoboard berpengaruh tinggi terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SDN 1 Keruak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD), Media Pembelajaran Geoboard, Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Oct 2023 23:36
Last Modified: 25 Oct 2023 23:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42839

Actions (login required)

View Item View Item