PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KOLOID UNTUK SISWA KELAS XI SMAN 2 LABUAPI

NADIRATUL, KHAIRAH (2023) PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KOLOID UNTUK SISWA KELAS XI SMAN 2 LABUAPI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Nadiratul Khairah (E1M019056).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Nadiratul Khairah (E1M019056).pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk menentukan validitas dan kepraktisan modul praktikum kimia berbasis problem based learning pada materi koloid untuk siswa kelas XI SMAN 2 Labuapi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model 4D (define, design, development, dissemination). Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI SMAN 2 Labuapi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMAN 2 Labuapi yang berjumlah 22 peserta didik yang dipilih secara acak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul praktikum yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid karena nilai validitas yang diperoleh menggunakan indeks Aiken (V) adalah 0,86 dan reliabilitas sebesar 0,9. Adapun nilai kepraktisan dari modul praktikum yang dikembangkan sebesar 86% yang termasuk kategori sangat praktis untuk digunakan. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul praktikum berbasis problem based learning yang telah dikembangkan sudah sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pengembangan, modul praktikum, problem based learning, materi koloid
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Oct 2023 23:36
Last Modified: 25 Oct 2023 23:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42849

Actions (login required)

View Item View Item