PROBLEMS IN THE IMPLEMENTATION OF INDEPENDENT CURRICULUM (IC) A CASE STUDY AT SMAN 1 MASBAGIK IN ACADEMIC YEAR 2022/2023

AQILA, NURFADILA (2023) PROBLEMS IN THE IMPLEMENTATION OF INDEPENDENT CURRICULUM (IC) A CASE STUDY AT SMAN 1 MASBAGIK IN ACADEMIC YEAR 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
100% SKRIPSI AQILA DONE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
7740.pdf

Download (388kB) | Preview

Abstract

Kurikulum Mandiri merupakan pendekatan pembelajaran inovatif yang bertujuan untuk mendorong kreativitas, kebebasan berpikir, dan pengembangan potensi siswa. Terdapat beberapa permasalahan seperti kurangnya keterlibatan siswa, kurangnya inovasi dan kreativitas serta keterbatasan dalam pemberian materi. Kurikulum Mandiri hadir sebagai salah satu alternatif yang memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan yang dialami guru dalam penerapan Kurikulum Mandiri dan dampaknya terhadap guru dan siswa. Metode studi kasus kualitatif digunakan untuk menyelidiki pengalaman tiga guru bahasa Inggris dan lima perwakilan siswa dari fase E dengan menggunakan metode pengumpulan data angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan tiga permasalahan utama yang dihadapi guru, yaitu kurangnya pelatihan, dukungan dan fasilitas dalam proses pembelajaran, serta tantangan dalam merancang perangkat pembelajaran. Dampak yang dirasakan guru akibat tantangan tersebut antara lain perubahan metode pengajaran, peningkatan keterampilan dan pengetahuan pedagogi, serta peningkatan motivasi dalam mengajar. Sedangkan dampak yang dirasakan siswa meliputi dampak positif dan dampak negatif siswa. Dampak positifnya antara lain peningkatan keterlibatan dan motivasi belajar, peningkatan kreativitas dan inovasi, kemampuan berpikir kritis, serta kemampuan kolaborasi dan komunikasi. Namun dampak negatif yang dirasakan antara lain kurangnya penjelasan dari guru dan sebagian siswa merasa terlalu bebas sehingga merasa berhak meninggalkan kewajiban belajar sesuai kurikulum. Dapat diartikan bahwa dampak permasalahan tersebut mempengaruhi pengalaman belajar mengajar guru dan siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan upaya yang komprehensif. Guru perlu mendapatkan pelatihan yang memadai untuk memahami konsep dan metodologi Kurikulum Mandiri dan sekolah perlu menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai untuk mendukung pembelajaran yang interaktif dan inovatif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): : Implementasi, Kurikulum, Kurikulum Merdeka, Masalah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Oct 2023 01:59
Last Modified: 26 Oct 2023 01:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42864

Actions (login required)

View Item View Item