HUBUNGAN MINAT MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN TOJONGOJONG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Sri, Rohyana (2023) HUBUNGAN MINAT MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN TOJONGOJONG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_SRI ROHYANA_E1E018134.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_Sri Rohyana_E1E018134.pdf

Download (463kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan minat membaca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Tojong-Ojong. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu siswa kelas V sebanyak 38 siswa. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji hipotesis yang digunakan adalah korelasi pearson product moment dengan signifikansi 5% diperoleh nilai 0,473 > 0,320 (rhitung > rtabel) maka Ha diterima, artinya terdapat hubungan positif antara minat membaca dengan kemampuan membaca pemahaman. Minat membaca siswa tergolong sedang dan kemampuan membaca pemahaman siswa tergolong sangat rendah. Tingkat hubungan berdasar pada pedoman interpretasi koefisien korelasi tergolong sedang dimana 0,473 terletak di antara 0,40 – 0,599. Besarnya koefisien determinasi atau pengaruh variabel independen mempengaruhi variabel dependen sebesar 22,3% sedangkan sisanya 77,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Tingkat hubungan yang sedang dan bernilai positif menandakan bahwa semakin tinggi minat membaca siswa semakin tinggi pula kemampuan membaca pemahaman yang dimiliki

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Minat Membaca, Kemampuan Membaca Pemahaman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Oct 2023 01:59
Last Modified: 26 Oct 2023 01:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42866

Actions (login required)

View Item View Item