Sri, Rohyana (2023) HUBUNGAN MINAT MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN TOJONGOJONG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI_SRI ROHYANA_E1E018134.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
Text
Jurnal_Sri Rohyana_E1E018134.pdf Download (463kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan minat membaca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Tojong-Ojong. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu siswa kelas V sebanyak 38 siswa. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji hipotesis yang digunakan adalah korelasi pearson product moment dengan signifikansi 5% diperoleh nilai 0,473 > 0,320 (rhitung > rtabel) maka Ha diterima, artinya terdapat hubungan positif antara minat membaca dengan kemampuan membaca pemahaman. Minat membaca siswa tergolong sedang dan kemampuan membaca pemahaman siswa tergolong sangat rendah. Tingkat hubungan berdasar pada pedoman interpretasi koefisien korelasi tergolong sedang dimana 0,473 terletak di antara 0,40 – 0,599. Besarnya koefisien determinasi atau pengaruh variabel independen mempengaruhi variabel dependen sebesar 22,3% sedangkan sisanya 77,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Tingkat hubungan yang sedang dan bernilai positif menandakan bahwa semakin tinggi minat membaca siswa semakin tinggi pula kemampuan membaca pemahaman yang dimiliki
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Minat Membaca, Kemampuan Membaca Pemahaman |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 01:59 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 01:59 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42866 |
Actions (login required)
View Item |