MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK (PjBL) SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI TK ALETHEIA AMPENAN KOTA MATARAM

OCTAFIANY NARI, PALUNTE (2023) MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK (PjBL) SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI TK ALETHEIA AMPENAN KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FINAL_OCTAFIANY NARI PALUNTE_E1F019061_CD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL FINAL_OCTAFIANY NARI PALUNTE_E1F019061.pdf

Download (413kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyesuaian perangkat ajar pembelajaran dengan kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka di TK Aletheia Ampenan Kota Mataram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran berbasis projek sebagai implementasi kurikulum merdeka di TK Aletheia Ampenan Kota Mataram. Jenis penelitian yang digunakan penelitian dan pengembangan (Research & Development). Subjek pada penelitian ini sebanyak 1 guru dan 8 anak kelompok B dengan Objek penelitian model pembelajaran berbasis projek. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran berbasis projek sebagai implementasi kurikulum merdeka layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase 90,27% berdasarkan uji coba produk oleh ahli. Pelaksanaan model pembelajaran berbasis projek kurikulum merdeka pada setiap tahap pengembangannya dengan persentase pengembangan I yang dilaksanakan oleh guru sebesar 83,33%, untuk perkembangan anak sebesar 68,43% dan tahap pengembangan II untuk guru sebesar 91,66% dan untuk perkembangan anak sebesar 85,93%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis projek sebagai implementasi kurikulum merdeka di TK Aletheia Ampenan Kota Mataram sudah terlaksana sesuai dengan capaiannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Berbasis Projek, Kurikulum Merdeka
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:00
Last Modified: 26 Oct 2023 02:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42868

Actions (login required)

View Item View Item