PUTRI, YUNITA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MUATAN IPA KELAS IV SDN 32 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
skripsi fix nita (3).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
Template_JSI_Putri Yunita_English_Revisi(1).pdf Download (351kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Pada Muatan IPA Kelas IV SDN 32 Cakranegara. Desain penelitian ini adalah desain eksperimen yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan pola Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan 4 tahapan penelitian Reciprocal Teaching yaitu, summarizing (mengidentifikasi), questioning (menyusun pertanyaan), predicting (memprediksi), dan clarifying (mendiskusikan). Penelitian dilakukan di SDN 32 Cakranegara, Kecamatan Sandubaya, Cakranegara. Alat pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil Penelitian menunjukkan Metode Reciprocal Teaching berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menggunakan rumus independent samples t-test dibantu oleh aplikasi statistik SPSS 16.0 for windows diperoleh data bahwa thitung (6,496) > ttabel (1,998). Artinya, H0 ditolak Ha diterima yakni metode Reciprocal Teaching berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model Pembelajaran, Reciprocal Teaching, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 02:50 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 02:50 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42875 |
Actions (login required)
View Item |