ANALISIS PENENTUAN LOKASI RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS DENGAN METODE BATAS KONTROL ATAS (BKA) BERBASIS GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM (GIS) DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH

ZIYAD, PIRJATURROFI (2023) ANALISIS PENENTUAN LOKASI RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS DENGAN METODE BATAS KONTROL ATAS (BKA) BERBASIS GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM (GIS) DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ZIYAD PIRJATURROFI_F1A019198.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL_ZIYAD PIRJATURROFI_F1A019198.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PETA RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS LOMBOK TENGAH TAHUN 2018-2022.pdf

Download (477kB) | Preview

Abstract

Kecelakaan lalu lintas adalah suatu kejadian yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan menimbulkan korban jiwa. Tentunya setiap pengguna jalan ingin menghindari kecelakaan tersebut, namun terkadang kecelakaan lalu lintas ini terjadi karena prasarana jalan yang buruk atau kelalaian pengguna jalan itu sendiri. Data dari Kecelakaan Lalu Lintas di di Polres Kabupaten Lombok Tengah, di dapatkan informasi bahwa selama 5 tahun terakhir terjadinya perbedaan yaitu peningkatan jumlah kecelakaan lalu lintas. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu dilakukan penelitian analisis penentuan lokasi rawan kecelakaan dan penyusunan database berbasis Geographic Information System. Hasil data sekunder di Polres Lombok Tengah berupa data kecelakaan 5 tahun terakhir yang terjadi di ruas jalan Lombok Tengah. Data tersebut selanjutnya di analisis menggunakan metode pembobotan dengan parameter Angka Ekivalen Kecelakaan dan metode Batas Kontrol Atas sehingga tersusunnya program database lokasi rawan kecelakaan berbasis Geographic Information System di Kabupaten Lombok Tengah. Dari hasil analisis dan penyusunan database, maka didapatkan lokasi rawan kecelakaan di Kabupaten Lombok Tengah selama 5 tahun terakhir terletak pada ruas jalan yaitu jalan Raya Bypass BIL, jalan Raya Praya-Mantang dan jalan Raya Mataram-Sikur, yang didominasi tipe tabrak depan-depan dengan usia korban kecelakaan didominasi usia 16-30 tahun dengan didominasi jenis kelamin laki-laki, waktu terjadinya kecelakaan didominasi pada waktu pagi hari dan didominasi pada saat cuaca cerah. Dengan ditentukannya lokasi ruas daerah rawan kecelakaan ini, diharapkan dapat menjadikan informasi dalam pengambilan keputusan bagi pemegang kebijakan untuk mengurangi jumlah kecelakaan di Kabupaten Lombok Tengah

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kecelakaan, Lokasi Rawan Kecelakaan, database, Geographic Information System.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:55
Last Modified: 26 Oct 2023 07:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42877

Actions (login required)

View Item View Item