MOTIF PERILAKU MENYIMPANG SISWA DAN POLA PENGENDALIANNYA DI SMAN 4 MATARAM

SYIFA’ MIFTAHUL, AMALIA (2023) MOTIF PERILAKU MENYIMPANG SISWA DAN POLA PENGENDALIANNYA DI SMAN 4 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SYIFA MIFTAHUL AMALIA PENDSOS 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
9995-Article Text-41836-1-10-20230831.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motif perilaku menyimpang siswa dan pola pengendaliannya di SMAN 4 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi. Lalu data dianalisis menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat bentuk dan motif perilaku menyimpang serta polapengendaliannya pada siswa di SMAN 4 Mataram. Adapun bentuk perilakumenyimpang siswa yaitu: 1) perilaku menyimpang ringan, diantaranya terlambat masuk sekolah, tidak menggunakan sepatu sesuai aturan; 2) perilaku menyimpang sedang, diantaranya bolos, berada diluar kelas saat kbm; 3) perilaku menyimpang berat, diantaranya mencuri; 4) perilaku menyimpang primer, diantaranya tidak memakai atribut sekolah lengkap; 5) perilaku menyimpang sekunder, diantaranya memalsukan surat izin; 6) perilaku menyimpang individual diantaranya mengeluarkan baju; dan 7) penyimpangan kolektif diantaranya berkelahi. Kemudian motif perilaku menyimpang siswa, yaitu: 1) motif biogenetis yang diantaranya ditandai dengan: keluar kelas saat kbm karena sering merasa laparsaat belajar; dan 2) motif sosiogenetis yang diantaranya ditandai dengan: ingin menonjolkan diri, ingin mencari popularitas agar dianggap kuat dan hebat. Selain itu ditemukan pula polapengendalian pada perilaku menyimpang siswa yaitu (1) pola pengendalian preventif antara lain: sosialisasi tata tertib sekolah kepada siswa pada masa orientasi siswa; (2) pola pengendalian represif antara lain: pemberian sanksi penyitaan sepatu siswa yang tidak sesuai aturan; (3) pola pengendalian kuratif antara lain: pengembalian siswa pada orangtuayang telah mencapai poin pelanggaran; dan (4) pola pengendalian persuasif antara lain: gambar poster himbauan mentaati tatib.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Motif, Pola Pengendalian, Perilaku Menyimpang.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:55
Last Modified: 26 Oct 2023 07:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42881

Actions (login required)

View Item View Item