PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 2 LABUAPI

AULYA RAHMADAYANTI, RABBANI (2023) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 2 LABUAPI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_AULYA RAHMADAYANTI RABBANI_E1A019015..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL_AULYA RAHMADAYANTI RABBANI_E1A019015.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Upaya dalam mewujudkan tujuan program pendidikan di Indonesia diperlukan proses pembelajaran dan suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, dan menarik melalui penguatan sikap keterampilan dan pengetahuan. Proses pembelajaran merupakan bagian yang penting dalam menciptakan output dan outcome peserta didik karena pembelajaran yang berjalan dengan baik (efektif dan efisien) tentu akan sebanding dengan hasil yang akan dicapainya sedangkan suasana belajar merupakan bagian dari kondisi fisik tempat belajar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model contextual teaching and learning dengan metode outdoor learning terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X IPA di SMA Negeri 2 Labuapi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain Pre-Test Post-Test Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMA Negeri 2 Labuapi. Jumlah peserta didik dalam populasi ini adalah 52 siswa yang tersebar dalam 2 kelas. Sampel dipilih dengan menggunakan random sampling (undian) dan terpilih kelas X IPA1 (kelas kontrol) dan kelas X IPA2 (kelas eksperimen). Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data hasil belajar adalah tes yang terdiri dari 20 soal pilihan ganda. Pengambilan data dilakukan dengan dua tahap yaitu pretest sebelum diberikan perlakuan dan posttest yang dilakukan sesudah diberikan perlakuan. Analisis statistik pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analysis of covariance (ancova) untuk menguji hipotesis. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata pretest kelas eksperimen 55,46 dan posttest 79,04. Berdasarkan hasil analisis data nilai posttest menggunakan uji hipotesis ancova didapatkan nilai sig 0,001 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa model contextual teaching and learning dengan metode outdoor learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X IPA di SMA Negeri 2 Labuapi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Contextual teaching and learning , Hasil belajar, Outdoor Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:55
Last Modified: 26 Oct 2023 07:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42884

Actions (login required)

View Item View Item