ANALASIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN MBTI (MYERS BRIGGS TYPE INDICATOR) SISWA KELAS VII SMPN 6 MATARAM PADA MATERI PERBANDINGAN TAHUN AJARAN 2022/2023

JIHAN, FAHIRA (2023) ANALASIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN MBTI (MYERS BRIGGS TYPE INDICATOR) SISWA KELAS VII SMPN 6 MATARAM PADA MATERI PERBANDINGAN TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI JF FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Artikel JF Fix.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

Konsep matematika umumnya digunakan dalam pemecahan masalah pada berbagai bidang. Namun sebagian besar peserta didik kesulitan dalam mengaplikasikan konsep matematika guna menghasilkan suatu penyelesaian. Kemampuan pengaplikasian konsep matematika dalam menghadirkan solusi, dapat dimiliki apabila peserta didik memiliki kemampuan koneksi matematis yang baik. Tenaga pendidik perlu mengetahui sebaran dan tingkatan kemapuan koneksi matematis yang dimiliki peserta didik, untuk menentukan arah pengembangannya. Dalam rangka memperoleh data tersebut, dilakukan penelitian terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik ditinjau dari tipe kepribadian MBTI pada materi perbadingan. Penelitian ini dilakukan di SMPN 6 Mataram, khususnya pada siswa kelas VII tahun ajaran 2022/2023 yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner, tes tulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan konseksi matematis peserta didik berdasarkan tipe kepribadiannya, yakni: (1) Kemampuan koneksi matematis pada kepribadian rational termasuk dalam kategori tinggi (rata-rata nilai pada tes kemampuan koneksi matematis sebesar 21,0) (2) Kemampuan koneksi matematis peserta didik berkepribadian idealist termasuk kategori sedang (rata-rata nilai sebesar 15,8) (3) Kemampuan koneksi matematis untuk kepribadian artisans juga termasuk kategori sedang (rata-rata nilai sebesar 15,0) dan (4) Kemampuan koneksi matematis peserta didik yang memiliki tipe kepribadian guardian memperoleh rata-rata nilai pada tes kemampuan koneksi matematis sebesar 11,29 dengan kategori rendah pada kemampuan koneksi matematis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): koneksi matematis, tipe kepribadian MBTI, indikator koneksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Oct 2023 05:56
Last Modified: 27 Oct 2023 05:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42897

Actions (login required)

View Item View Item