PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA KELAS IV SDN 15 MATARAM

ALYA, APRIANINGSIH (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA KELAS IV SDN 15 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
JURNAL ALYA APRIANINGSIH YG TERBIT.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (796kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas IV SDN 15 Mataram. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen, jenis Quasi Eksperimen tipe Non Equivalent Control Group Design, dengan perlakuan yang berbeda dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 15 Mataram kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model discovery learning dan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Teknik pengumpulan data adalah tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu tes bentuk isian. Teknik analisis dengan menggunakan metode statistik uji Paired Sample T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima. Hal ini menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model discovery learning lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional, karena dalam proses pembelajarannya discovery learning mengajak siswa untuk terlibat secara langsung dalam memecahkan masalah dan menemukan sendiri pengetahuannya. Sehingga dalam proses tersebut dapat meningkatkan kemampuan siswa salah satunya kemampuan berpikir kritis. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas IV SDN 15 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Oct 2023 05:56
Last Modified: 27 Oct 2023 05:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42904

Actions (login required)

View Item View Item