ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN TEORI POLYA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SPLDV PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023

MIA FIKJA, YANTI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN TEORI POLYA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SPLDV PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_MIA FIKJAYANTI_E1R016053UNRAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL MIA FIKJAYANTI.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita matematika materi sistem persamaan linear dua variabel bagi siswa kelas IX SMPN 6 Mataram, tahun ajaran 2022/2023 dengan tingkat pemecahan masalah tinggi, sedang, dan rendah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif dan kuantitatif dengan instrument yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini yaitu 38 siswa kelas IX SMPN 6 Mataram yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Setelah terpilih satu kelas kemudian dibagikan tes kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari 2 soal cerita dan dilakukan wawancara pada masing-masing kriteria hasil tes kemampuan pemecahan masalah yang telah dilakukan sebelumnya. Teknik analisis data pada penelitian ini dilihat dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang dibagi dalam tiga kriteria yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian diperoleh, (1) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IX di SMPN 6 Mataram dalam menyelesaikan soal cerita materi spldv kriteria tinggi rata-rata skor 85,3, (2) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IX di SMPN 6 Mataram dalam menyelesaikan soal cerita materi spldv kriteria sedang rata-rata skor 62,8, dan (3) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IX di SMPN 6 Mataram dalam menyelesaikan soal cerita materi spldv kriteria rendah 31,9.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kemampuan pemecahan masalah, soal cerita, polya, spldv
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Oct 2023 05:56
Last Modified: 27 Oct 2023 05:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42911

Actions (login required)

View Item View Item