IDENTIFIKASI PENGEMBANGAN PEMBIASAAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN WANASABA

ALFIANTI, ARINI G (2023) IDENTIFIKASI PENGEMBANGAN PEMBIASAAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN WANASABA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ALFIANTI ARINI G_PGPAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_Alfianti Arini G_PGPAUD.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk program, implementasi program dan evaluasi program pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat pada taman kanak-kanak di Kecamatan Wanasaba. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian survei. Populasi pada penelitian ini adalah 42 Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Wanasaba, sedangkan Sampel pada penelitian ini sebanyak 15 Taman Kanak-kanak dengan metode pengambilan sampel menggunakan metode proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data berupa data kuantitatif deskriptif dari hasil lembar kuesioner. Berdasarkan hasil analisis data, bentuk program PHBS yang dengan melakukan implementasi dan evaluasi program oleh sekolah terdiri dari mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir dengan hasil implementasi bernilai 66% dan evaluasi 57%. Membuang sampah pada tempatnya hasil implementasi bernilai 65% dan evaluasi 61%. Membersihkan lingkungan setelah belajar dan bermain hasil implementasi bernilai 64% dan evaluasi 56%. makan bersama makanan sehat dan bergizi seimbang hasil implementasi bernilai 67% dan evaluasi 61%. berkegiatan di luar kelas pada pagi hari hasil implementasi bernilai 64% dan evaluasi 53%. dengan kategori program dalam bentuk Standar Operasional Prosedur (SOP), bentuk program rutin, Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE). Hasil nilai akhir /rata-rata yaitu persentase implementasi 65% yang masih masih belum maksimal cukup sedangkan persentase evaluasi 57% yang berarti Implementasi dan Evaluasi program PHBS masih kurang pada Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Wanasaba.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perilaku, Hidup Bersih, Sehat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Oct 2023 05:56
Last Modified: 27 Oct 2023 05:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42912

Actions (login required)

View Item View Item