NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PERMAINAN TRADISIONAL BENTENGAN DAN GOBAK SODOR DI SDN 8 MATARAM

SYAPUTRI, SHOLEHATUN (2023) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PERMAINAN TRADISIONAL BENTENGAN DAN GOBAK SODOR DI SDN 8 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_Syaputri Sholehatun_Nilai Pendidikan Karakter pada Permainan Tradisional Bentengan dan Gobak So.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
J_Syaputri Sholehatun_Nilai Pendidikan Karakter pada Permainan Tradisional Bentengan dan Gobak So.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berbagai permasalahan degradasi karakter yang terjadi di abad 21, salah satunya disebabkan oleh kurangnya eksistensi permainan tradisional. Permainan tradisional bermanfaat untuk keterampilan fisik, selain itu dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai karakter pada permainan tradisional bentengan dan gobak sodor di SDN 8 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data Model Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat nilai pendidikan karakter pada permainan tradisional bentengan dan gobak sodor. Pada langkah-langkah permainan bentengan meliputi 1) penentuan kelompok dengan suit; 2) menjaga benteng; 3) menyerang benteng lawan; 4) menyelamatkan tawanan dan 5) merebut benteng mengandung nilai pendidikan karakter diantaranya kerjasama antar pemeluk agama dan kepercayaan, percaya diri, disiplin, taat hukum, kerjasama, solidaritas, musyawarah, kerja keras, keberanian, kejujuran, tangguh dan tanggung jawab. Pada langkah-langkah permainan gobak sodor meliputi 1) penentuan kelompok dengan suit; 2) pembuatan garis; 3) Penjaga menjaga garis; 4) penyerang menghindari tangkapan penjaga mengandung nilai karakter diantaranya kerjasama antar pemeluk agama dan kepercayaan, percaya diri, disiplin, taat hukum, kerjasama, solidaritas, musyawarah, kerja keras, kreatif, keberanian, tangguh, kejujuran, tanggung jawab. Berdasarkan data tersebut, maka permainan tradisional tersebut dapat digunakan untuk membentuk dan mengembangkan karakter pada peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): nilai karakter, permainan tradisional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Oct 2023 05:57
Last Modified: 27 Oct 2023 05:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42917

Actions (login required)

View Item View Item