PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 21 AMPENAN TAHUN AJARAN 2023/2024

JULIA, ANTASARI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 21 AMPENAN TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
julia skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL JULIA ANTASARI.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Rendahnya pemahaman materi IPS siswa disebabkan oleh proses pembelajaran dikelas yang masih bersifat pasif dan berpusat pada guru. Media yang digunakan hanya sebatas papan tulis dan buku paket serta penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 21 Ampenan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen untuk mencari pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media power point terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini Nonequivalen Control Group Desaign. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh yaitu seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Sampel yang digunakan seluruh kelas IV yang terdiri dari kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Dalam pengambilan data penelitian ini terdapat uji prasyarat analisis data yaitu dengan melakukan uji normalitas dengan menggunakan uji kolmogorof-smirnov, uji homogenitas menggunakan levene test, dan uji hipotesis menggunakan polled varian. Hasil penelitian yang diperoleh dari uji hipotesis adalah sig 2-tailed < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Pada taraf signifikan 0,05 sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis yaitu sig 2-tailed < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukan terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Leraning Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 21 Ampenan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar, Media Power Point dan Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Oct 2023 05:57
Last Modified: 27 Oct 2023 05:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42921

Actions (login required)

View Item View Item