PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PEER LESSON BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 WANASABA

SITI, HILMAYANA (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PEER LESSON BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 WANASABA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_SITI HILMAYANA(E1A019097).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal JIPP SITI HILMAYANA.pdf

Download (814kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran aktif tipe peer lesson berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI di SMAN 1 Wanasaba. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan Pretest Posttest Group Design. Sampel penelitiian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 sebanyak 28 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIPA 4 sebanyak 30 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis uji Ancova diperoleh nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < nilai α = 0,05, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson berbasis TIK terhadap hasil belajar biologi siswa dan bisa digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran aktif, peer lesson, hasil belajar biologi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Oct 2023 05:57
Last Modified: 27 Oct 2023 05:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42924

Actions (login required)

View Item View Item