PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA SOCRATIVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA KELAS X SMA

BAIQ NELY, BUDHIARTINI (2023) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA SOCRATIVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA KELAS X SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Baiq Nely - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL-Baiq+Nely.pdf

Download (786kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media socrative dapat meningkatkan hasil belajar kimia kelas X SMA. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi experimental design. Sampel dipilih secara acak (simple random sampling) yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Variabel bebas dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media socrative pada kelas eksperimen dan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kelas kontrol. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar kimia. Teknik analisis data dilakukan dengan uji N-gain, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pre-test dan posttest untuk mendapatkan hasil belajar kimia. Hasil belajar kimia tersebut dilakukan uji N-gain dengan hasil bahwa siswa kelas eksperimen memiliki nilai N-gain dalam kategori efektif paling banyak sebesar 63,88% dibanding kelas kontrol sebesar 17,14%. Data dalam penelitian ini dinyatakan tidak normal dan homogen. Selanjutnya uji hipotesis dilakukan dengan uji Mann-Withney dan uji Wilcoxon. Hasil dari uji hipotesis tersebut adalah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media socrative terhadap hasil belajar kimia kelas X SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model kooperatif, jigsaw, socrative, hasil belajar kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Oct 2023 05:57
Last Modified: 27 Oct 2023 05:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42929

Actions (login required)

View Item View Item