ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI SISWA KELAS IV MENURUT TEORI VAN HIELE Di SDN 06 CAKRANEGARA

JULI, HIKMAYANI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI SISWA KELAS IV MENURUT TEORI VAN HIELE Di SDN 06 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI JULI HIKMAYANI E1E216090.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL lJULI HIKMAYANI E1E216090.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Geometri merupakan cabang matematika yang membahas tentang benda-benda, luas permukaan, titik-titik, garis-garis, sudut-sudut, sifat-sifat, dan semua ukuran yang berlaku, termasuk letak-letak titik, garis dan sudut di dalam ruang. Sementara pemahaman konsep merupakan kemampuan siswa dalam mengungkapkan kembali pembelajaran yang dikuasainya dalam bentuk tulisan yang mudah dimengerti, sehingga mampu memberi pendapat dan menerapkan konsep sesuai dengan struktur kognitif yang dimiliki. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep geometri siswa, khususnya pada materi bangun datar kelas IV menurut teori Van Hiele yang terdiri dari 3 tahapan level berfikir: (1) Level 0 “Visualisasi” , (2) Level 1 “Analisis”, dan (3) Level 2 “Deduksi Informal”. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SDN 06 Cakranegara pada tahun pelajaran 2022/2023 semester gasal. Untuk melihat keunikan pemahaman siswa pada masing-masing level dipilih 2 subjek mewakili setiap level berfikir Van Hiele sehingga dari 30 siswa dipilih 6 subjek dengan kategori 2 siswa level 0, 2 siswa level 1 serta 2 siswa level 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara dan dokumentasi. Data berupa hasil tes pemahaman konsep geometri menurut teori Van Hiele pada materi bangun datar, kemudian dianalisis menggunakan instrumen penilaian kemampuan pemahaman konsep menurut teori Van Hiele. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, verifikasi, triangulasi dan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis dapat diperoleh bahwa tingkat pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal geometri menurut teori Van Hiele yaitu: 1) 27% dari 30 siswa memiliki kemampuan pemahaman konsep pada level 0 “Visualisasi” dengan kriteria hanya dapat melakukan 1 tahapan dalam teori Van Hiele, 2) 60% dari 30 siswa memiliki kemampuan pemahaman konsep pada level 1 “Analisis” dengan kriteria mampu melakukan 2 tahapan dalam teori Van Hiele, 3) 13% dari 30 siswa memiliki kemampuan pemahaman konsep pada level 2 “Deduksi Informal” dengan kriteria mampu melakukan semua tahapan dalam teori Van Hiele. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa sebagian besar kemampuan pemahaman konsep geometri siswa kelas IV SDN 06 Cakranegara berada pada level 1 “Analisis”.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pemahaman Konsep Geometri, Matematika SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Nov 2023 23:35
Last Modified: 01 Nov 2023 23:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42959

Actions (login required)

View Item View Item