PENGEMBANGAN MEDIA POHON NUMERASI MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH 11-20 KELAS I SD NEGERI 37 CAKRANEGARA

Yayang Waridat, Ilahiat (2023) PENGEMBANGAN MEDIA POHON NUMERASI MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH 11-20 KELAS I SD NEGERI 37 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YAYANG WARIDAT ILAHIAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL YAYANG WARIDAT ILAHIAT.pdf

Download (753kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan proses langkah-langkah pembuatan media pohon numerasi matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah 11-20, (2) Mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pohon numerasi matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah kelas I sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ASSURE. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket validasi ahli materi, lembar angket validasi ahli media, lembar angket kepraktisan guru dan kepraktisan siswa. Hasil penelitian menunjukkan kriteria valid dengan persentase sebesar 76,36% dari ahli materi dan 85,71% dari ahli media. Sedangkan hasil angket kepraktisan guru sebesar 90% dan kepraktisan siswa 97% menunjukkan kriteria sangat praktis. Maka, dapat dinyatakan bahwa media pohon numerasi layak dari aspek kevalidan. Selain itu juga, media pohon numerasi dinyatakan sangat praktis berdasarkan hasil ujicoba kepraktisan yang dilakukan oleh guru dan siswa kelas I SD Negeri 37 Cakranegara materi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah 11-20.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): media pohon numerasi, penjumlahan pengurangan, bilangan cacah, matematika sekolah dasar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Oct 2023 07:37
Last Modified: 31 Oct 2023 07:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42971

Actions (login required)

View Item View Item