EVA FAHRIANI, ARYZONA (2023) ANALISIS KOMPETENSI GURU DAN DESAIN PEMBELAJARAN DALAM MELAKSANAKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN SESUAI KURIKULUM MERDEKA SD NEGERI 1 JANTUK TAHUN PELAJARAN 2022-2023. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
Text
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.pdf Download (918kB) | Preview |
Abstract
Kurikulum merdeka adalah kurikulum baru sehingga guru membutuhkan waktu dalam menyesuaikan pembelajarannya dengan kurikulum merdeka tersebut. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kompetensi guru dan desain pembelajaran dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai kurikulum merdeka di SD Negeri 1 Jantuk Tahun pelajaran 2022-2023. Adapun subjek dari penelitian ini yaitu guru kelas 1 dan guru kelas 4. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara dalam memperoleh data penelitian terkait dengan kompetensi guru dan desain pembelajaran. Hasil penelitian memberikan fakta bahwa guru kelas 1 memiliki kompetensi professional yang sudah cukup baik sedangkan guru kelas 4 memiliki kompetensi professional yang masih rendah. Hal ini dilihat dari banyaknya kriteria kompetensi guru yang tidak sesuai dengan kriteria dari kurikulum merdeka. Hal ini mengakibatkan pelaksanaan kurikulum merdeka di SD Negeri 1 Jantuk belum maksimal. Sehingga perlunya perbaikan dari guru yang terkait dan perhatian pihak kepala sekolah dalam mengontrol guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka agar pelaksanaan kurikulum merdeka menjadi lebih maksimal. Tetapi jika ditinjau dari hasil dokumentasi terkait desain RPP guru. RPP yang dikembangkan sudah sesuai dengan format RPP dari kurikulum merdeka.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kompetensi guru, desain pembelajaran, kurikulum merdeka |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 07:35 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 07:35 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42982 |
Actions (login required)
View Item |