PENGARUH KEGIATAN KIRIGAMI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B DI TK GUGUS 1 KECAMATAN SELAPARANG TAHUN 2023

NAFA ALFIONITA, RAHAYU (2023) PENGARUH KEGIATAN KIRIGAMI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B DI TK GUGUS 1 KECAMATAN SELAPARANG TAHUN 2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Nafa Alfionita Rahayu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Nafa Alfionita Rahayu.pdf

Download (872kB) | Preview

Abstract

Kreativitas dan kemampuan motorik halus anak dapat ditingkatkan dengan melakukan kegiatan kirigami. Melipat kertas, membuat pola, dan memotong pola adalah metode yang digunakan dalam proyek kirigami untuk membuat bentuk yang diperlukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh aktivitas kirigami terhadap motorik halus dan kreativitas anak kelompok B. Jenis penelitian ini menggunakan kelompok kontrol yang merupakan satu-satunya posttest dengan desain quasi eksperimen. Kumpulan data akhir meliputi sampel penelitian yang terkonsentrasi pada dua sekolah yaitu TK Sandat Kuning Mataram dan TK Adhyaksa 23 Mataram. Teknik Probability Sampling digunakan untuk menentukan sampel. Dalam penelitian ini data kreativitas dan kemampuan motorik halus anak dideskripsikan dengan menggunakan analisis deskriptif. Selain analisis deskriptif, analisis varians multivariat (MANOVA) dan analisis inferensial digunakan dalam penelitian ini untuk menjelaskan hubungan antar variabel. tanda tangan. 0000 menurut uji multivariat. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh aktivitas kirigami terhadap keterampilan motorik halus dan kreativitas anak kelompok B kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan aktivitas kirigami berdasarkan dasar pengambilan keputusan sebesar 0,000 < 0,05. Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kegiatan kirigami; kemampuan motorik halus; kreativitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Oct 2023 07:32
Last Modified: 31 Oct 2023 07:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42988

Actions (login required)

View Item View Item