HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS DALAM PEMBELAJARAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN GUGUS CAMPA TAHUN AJARAN 2021/2022

WILDA, YANTI (2023) HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS DALAM PEMBELAJARAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN GUGUS CAMPA TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
wildayanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
552-Article Text-2273-1-10-20220517 (3).pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan guru mengelola kelas dalam pembelajaran dengan motivasi belajar siswa kelas V SDN Gugus Campa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah 62 siswa kelas V dari 3 sekolah dasar yang ada di SDN Gugus Campa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis. Setelah diketahui data berdistribusi normal dan linier kemudian dilanjutkan dengan analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa (1) Keterampilan guru mengelola kelas pada kelas V di SDN Gugus Campa Tahun Ajaran 2021/2022 termasuk dalam kategori cukup baik. Hal ini dibuktikan dari angket yang telah diberikan kepada responden dengan hasil rata-rata = 75,11. (2) Motivasi belajar siswa kelas V di SDN Gugus Campa Tahun Ajaran 2021/2022 termasuk dalam kategori rendah. Hal ini dibuktikan dari angket yang telah diberikan kepada responden dengan hasil rata-rata = 71,31. (3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan guru mengelola kelas dengan motivasi belajar siswa kelas V di SDN Gugus Campa Tahun Ajaran 2021/2022 yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi 0,385, tergolong pada hubungan rendah karena termasuk dalam interval 0,20-0,399 yang ada pada tabel pedoman interpretasi koefisien korelasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keterampilan guru mengelola kelas, Motivasi belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Nov 2023 23:35
Last Modified: 01 Nov 2023 23:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43000

Actions (login required)

View Item View Item