PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 MIDANG

ENI, WAHYUNI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 MIDANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ENI WAHYUNI_E1E019102_2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_ENI WAHYUNI_E1E19102.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Midang. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu atau quasi experimenttipe nonequevalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah dan observasi keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas. Pengujian prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 25.0 for windows dengan nilai signifikansi 5% dan didapatkan hasil thitung = 3.974 > ttabel =1.680 dan berdasarkan nilai sig (2-tailed) didapatkan sebesar 0.00 < 0.05 dehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemecaham masalah matematika peserta didik digunakan uji effect size dengan hasil d = 0.58 yang berada pada kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing memberikan pengaruh sedang terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Midang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Nov 2023 23:35
Last Modified: 01 Nov 2023 23:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43005

Actions (login required)

View Item View Item