PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPS SISWA KELAS IV DI SDN 2 GERUNG UTARA

HANIFAH WARDATUL, JANNAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPS SISWA KELAS IV DI SDN 2 GERUNG UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
HANIFAH WARDATUL JANNAH E1E019135 SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
revisi+jurnal+progres.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Leraning Tipe Group Investigation berbantuan media Gambar terhadap pemahaman konsep IPS siswa kelas IV di SDN 2 Gerung Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN 2 Gerung Utara yang berjumlah 53 siswa. Design penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design Tipe Noneequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sampel T-Test pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil uji Independent Sampel T-Test diperoleh nilai sig (2-tailed) data posttest 0,022 ˂ 0,05 yang menunjukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation berbantuan media Gambar pemahaman konsep IPS siswa kelas IV di SDN 2 Gerung Utara berpengaruh. Hasil uji Effect Size menunjukan model pembelajaran Group Investigation berpengaruh sedang terhadap pemahaman konsep IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Group Investigation, media Gambar, pemahaman konsep IPS.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Nov 2023 23:35
Last Modified: 01 Nov 2023 23:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43006

Actions (login required)

View Item View Item