PENGARUH PENUGASAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI SISWA KELAS XI DI SMAN 8 MATARAM

ANNISYAH, AZIZURAHMAH (2023) PENGARUH PENUGASAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI SISWA KELAS XI DI SMAN 8 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ANNISYAH AZIZURAHMAH_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ANNISYAH AZIZURAHMAH_ARTIKEL.pdf

Download (688kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penugasan mind mapping terhadap keterampilan berpikir kreatif dan penguasaan konsep biologi siswa kelas XI di SMAN 8 Mataram. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dan desain pretest posttest control group design pada sampel yang ditentukan dengan metode random sampling. Data keterampilan berpikir kreatif siswa diperoleh melalui tugas mind mapping, sedangkan data penguasaan konsep diperoleh melalui tes. Berdasarkan hasil analisis kualitatif, penugasan mind mapping berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa dilihat dari kecenderungan peningkatan nilai tugas mind mapping dari kriteria kurang kreatif menjadi cukup kreatif. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pada data penguasaan konsep menggunakan uji ANACOVA diperoleh nilai Sig. (α) = 0,000 < 0,05, sehingga penugasan mind mapping berpengaruh signifikan terhadap penguasaan konsep siswa. Berdasarkan hasil uji korelasi pearson terdapat hubungan yang positif pada kategori korelasi sedang antara keterampilan berpikir kreatif dengan penguasaan konsep siswa melalui penugasan mind mapping.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Mind Mapping, Keterampilan Berpikir Kreatif, Penguasaan Konsep.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Nov 2023 23:36
Last Modified: 01 Nov 2023 23:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43009

Actions (login required)

View Item View Item