PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN KIMIA TWO-TIER MULTIPLE CHOICE (TTMC) UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS XI IPA MAN 2 MATARAM PADA MATERI ASAM BASA

RILYA, RAMDAYANI (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN KIMIA TWO-TIER MULTIPLE CHOICE (TTMC) UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS XI IPA MAN 2 MATARAM PADA MATERI ASAM BASA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Rilya Ramdayani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_Rilya Ramdayani.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah instrumen evaluasi pembelajaran kimia Two-Tier Multiple Choice (TTMC) yang dikembangkan layak digunakan untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa kelas XI IPA MAN 2 Mataram pada materi asam basa. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian research and development (R&D). Subyek uji coba pada penelitian ini adalah 35 orang siswa XI IPA 1 MAN 2 Mataram yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Kualitas instrumen evaluasi yang dikembangkan diuji melalui uji validitas dengan hasil validitas isi memiliki rentang nilai 0,67-1, uji reliabilitas dengan hasil reliabilitas sebesar 0,89, uji daya beda dengan hasil terdapat 67% soal kategori baik sekali, 27% soal kategori baik, dan 6% soal kategori cukup, serta uji tingkat kesukaran dengan hasil terdapat 20% soal kategori sukar dan 80% soal kategori sedang. Aspek literasi sains yang diukur pada instrumen evaluasi adalah mengidentifikasi isu atau masalah ilmiah, menjelaskan fenomena ilmiah, dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti ilmiah. Hasil pengukuran yang diperoleh pada aspek mengidentifikasi isu atau masalah ilmiah adalah 78%, aspek menjelaskan fenomena ilmiah adalah 81%, dan aspek menarik kesimpulan berdasarkan bukti ilmiah adalah 79%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen evaluasi Two-Tier Multiple Choice (TTMC) yang dikembangkan layak digunakan untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa kelas XI IPA MAN 2 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Two-Tier Multiple Choice, literasi sains, asam basa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Nov 2023 23:36
Last Modified: 01 Nov 2023 23:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43018

Actions (login required)

View Item View Item